Monday, October 3, 2016

Tips Merawat Bayi Kucing Baru Lahir

Berdasarkan pengalaman beberapa kali melewati fase memelihara anak kucing baru lahir, hari ini saya mau share beberapa tips untuk yang sedang punya kitten (anak kucing).
Dulu, salah satu kucing saya, Jupe, harus dengan terpaksa dikandangin supaya anaknya ngga telat nyusu. Padahal Jupe ngga pernah dikandangin dan berontak parah waktu awal-awal dikandangin. But this is for her own good. Anak-anaknya yang lahir tanggal 1 Desember 2014 tinggal 3 dari 6 yang dilahirkan. Alhamdulillah sekarang mereka sudah tumbuh besar, gendut, dan sudah punya anak :D
Ini dia tipsnya untuk yang akan atau sedang punya kitten :
  1. Kitten umur 0-3 bulan harus disatuin atau ngga boleh jauh-jauh dari ibunya. Karna mereka harus nyusu tiap -+ 2 jam sekali
  2. Sediakan lampu 5 watt dan nyalakan untuk menjaga kehangatan kitten nya
  3. Alasi kandang dengan kardus lalu kain agar tetap hangat. Pastikan angin tidak berhembus kencang disekitarnya
  4. Janga lupa taruh mangkok makanan, minuman, dan pasir untuk ibunya selama dalam kandang
  5. Ganti pasirnya setidaknya sehari sekali
  6. Bersihkan kandang biar ngga ada penyakit dan ga bau
  7. Pasca melahirkan 0-3 bulan, induk kucing masih belom boleh dimandikan yaaa. Biarkan dia mandi sendiri (jilat-jilat tubuhnya sendiri)
  8. Pastikan si induk ngga stress.... karna bisa menghambat keluarnya ASI
  9. Kalau ASI nya ngga keluar, segera cari obat pencahar ASI sebelum anaknya dehidrasi. INGAT, dosis rendah saja. Potong setengah atau seperempat, campur dalam minuman induknya. Pastikan si induk minum. Ngga perlu banyak-banyak. Yang penting bisa memacu ASInya keluar. Jangan sampai overdosis yaa.

Ingat, tipsnya bisa berbeda tergantung kebiasaan kucing dan bagaimana kita biasa perlakukan mereka. Oya, karna kucing juga makhluk hidup, mereka pasti ada masa-masa capek atau lelah atau semacam baby boomers. Seriously. Disitu kita mesti bantu support.
Jupe ini tipe kucing yang sangat cinte kebersihan . Jadi, kalau tiap pagi ngga dibersihin, atau ada kotor apa sedikit, dia langsung ngga mau duduk disana. Terus ngga mau nyusuin anaknya. Tapi kalau dia sambil di elus dan ditemenin, dia jadi mau nyusu.

Semoga tipsnya berguna yaaa. Kalau mau ada yang ditambahkan, monggo lhoo.
Miau miau.

0 comments:

Post a Comment