Wednesday, October 5, 2016

Tips Memelihara Kucing

Untuk cat person seperti saya, kehilangan kucing adalah salah satu hal yang sangat menyedihkan. Rasanya udah kayak ditinggal mati sahabat. Karna secara ngga langsung kucing-kucing dirumah udah jadi temen main, temen ngobrol, tempat curhat, tempat ngunyel-ngunyel kalo lagi pusing, yang nemenin kalo lagi dirumah sendiri, mainan penghilang stress dan masih banyak lagi yang lainnya~

Jadi, karna saya ngga mau teman-teman diluar sana sampai merasakan yang sama. Gatau sayanya yang emang baperan atau gimana .. tapi yang pasti syedih banget rasanya :'(
Oleh karna maka dari itu, hari ini saya mau share beberapa tips untuk yang sedang, baru, mau, atau sedang berfikir untuk memelihara kucing. Buat yang udah pelihara kucing juga, mungkin bisa share pengalaman untuk dijadikan tips tambahan.
Kucing-kucing yang berbulu tebal itu memang lucu, tapi banyak yang harus diperhatikan (a.k.a mahaaaaal).
Ayo kita bahas cara merawatnya :
  1. Kalau mau melihara kitten, sebaiknya yang sudah diatas 3 bulan. Jangan sampai kitten nya dipisah dari induknya sebelum berumur 3 bulan. Karna layaknya manusia, ASI induknya mengandung banyak nutrisi, vitamin, dan antibodi. Jadi, kalau sebelum itu udah dipisah, kemungkinan jadi lemah dan gampang sakit kucingnya.
  2. Kucing persia sama kucing jalanan biasanya lebih kuat kucing jalanan. Makanya, kucing persia butuh divaksin. TAPI, wajib banget inget kalau mau di vaksin, kucingnya harus dalam kondisi SEHAT, BUGAR, NAFSU MAKAN BAGUS, GA KUTUAN, DAN DAYA TAHAN TUBUH OKEE. Kenapa? Karna proses vaksin adalah memasukkan virus ke tubuh si kucing supaya badannya beradaptasi untuk kemudian membuat antibodi. Jadi, kalau lagi kurang fit dikit ajaaaa.. bisa berakibat fatal ke kucingnya. Memang benar kalau habis di vaksin, kucing biasanya lebih lemas dan ga bergairah juga makannya dikit. Tapi, berhubung kucing itu juga makhluk hidup, dia butuh makan untuk tetap hidup. Sebagai teman yang baik, kita harus PEKA kalau dia makannya terlalu sedikit. Suapin bila perlu. Karna kalau kondisinya drop, virusnya akan jadi berbalik menyerang kucing itu... yang akan berakibat sakit dan kalau ga tertolong bisa mati kayak Snowy :(
  3. Kucing memang perlu mandi, tapi, kalau habis vaksin, selama 1-2 minggu kedepan, kucing JANGAN DIMANDIKAN. Pastikan dia udah fit dan aktifitas seperti biasa dulu baru boleh dimandikan. Lagipula, sehari-harinya kucing sudah memandikan tubuhnya sendiri, jadi ngga perlu khawatir kalau kita ngga mandikan mereka.
  4. Kucing berbulu tebal rentan kutuan. YES, siapin obat anti kutu. Ada macem-macem bentuknya. Tetes, gelang, bahkan ada mandi kutu (mandi untuk bersihin kutu)
  5. Kalau sakit, nafsu makan kusing pasti menurun. Kita harus perhatikan dan suapin makanan. Karna semakin sedikit asupan kucing, akan semakin drop badannya.
  6. Kuning telur matang bagus untuk pertolongan pertama buat kucing yang udah mulai kelihatan mau sakit atau ga nafsu makan. INGAT, matang yaaa karna kalau yang masih mentah, banyak bakterinya.
  7. Madu memang obat untuk segala penyakit. Ngga cuman untuk manusia, madu juga bagus untuk kucing. Air dicampur dengan madu bagus untuk menjaga daya tahan tubuh kucing.
  8. Kucing butuh main. Jadi, jangan lupa main sama mereka yaa
  9. Kalau lagi sakit yang bisa menular via udara (flu, batuk, etc.), mendingan jangan deket-deket dulu, kasian kalo mereka ketularan.
  10. Choose your vet right !  Karna seringkali saya menemukan dokter-dokter hewan kurang memperhatikan dan mengkomunikasikan hal-hal kecil. Bisa sih diakali dengan banyak nanya. Wajar kok banyak nanya. Mendingan banyak nanya daripada nyesal kemudian ;)
 Tips ini hanya berdasarkan pengalaman pribadi semata. Kalau ada yang mau nambahin, you are most welcome~

0 comments:

Post a Comment